Rabu, 02 Oktober 2013

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
System Unit
(Part 5)
Sistem Unit komputer (system unit) adalah suatu rangka yang di dalamnya terdapat komponen-komponen elektronik dari komputer yang digunakan untuk memproses data.
Macam-Macam Perangkat System Unit pada Komputer
  • Motherboard adalah papan sirkuit utama dari suatu komputer (rangkaian elektronik yang terpasang pada papan PCB (Printer Circuit Board)) merupakan komponen utama dan mewakili keseluruhan sistem komputer.
  • Processor atau disebut juga dengan Central Processing Unit (CPU), menginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah dasar untuk mengoperasikan komputer. Prosessor memiliki 3 bagian utama :
1. Control Unit (CU) adalah komponen dari processor yang mengarahkan dan mengoordinasikan hampir seluruh operasi pada komputer (pengatur lalu lintas data)
2. Arithmetic Logic Unit (ALU) adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika.
3. Memory Unit (MU) berfungsi sebagai penyimpanan sementara perintah-perintah yang sering digunakan sehingga eksekusinya lebih cepat.
  • Sistem Memory berfungsi untuk menyimpan data dan program.
jenis-jenis memory :
1. ROM (Read Only Memory) memory ini hanya dapat dibaca
2. ERROM (Erasabel ROM) ROM yang dapat dihapus dan diprogram ulang
3. RAM (Random Access Memory) Memory yang digunakan untuk menunggu proses selama proses tersebut dieksekusi
4. SRAM (State RAM) RAM yang dapat menampung data tanpa External Refresh selama energi masih tersupply pada sirkuit
5. DRAM (Dynamic RAM) RAM yang hanya dapat menampung data jika hanya diakses secara kontinyu oleh Refresh sirkuit
6. FPM DRAM (Fast Page Mode DRAM) FPM DRAM lebih baik dan sedikit lebih cepat dibanding DRAM konvensional
7. EDO (Extended Data Out) lebih cepat dibanding FPM
8. SDRAM (Shynchonous DRAM) Memory ini didisain untuk membaca dan menulis dari memory dalam brush mode clatency setelah pembacaan dan penulisan data
9. DDR SDRAM (Double Data Rate SDRAM) lebih cepat dibanding SDRAM
10. DR DRAM (Direct Rambus DRAM) Dasar dari memory ini adalah Rambus Memory Channel
  • Port dan Slot
    Port Serial
    adalah jenis antarmuka yang menghubungkan sebuah perangkat ke komputer dengan memindahkan data satu bit demi satu bit. Port serial biasanya menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak memerlukan transmisi data yang cepat, seperti mouse, keyboard atau modem. Port COM (communication port) pada komputer adalah satu jenis port serial.
    Port Paralel adalah antarmuka yang menghubungkan perangkat-perangkat yang memindahkan lebih dari satu bit pada suatu waktu.
    Port USB adalah kependekan dari portuniversal serial bus dapat menghubungkan 127 periferal yang berbeda dengan satu jenis konektor. Perangkat-perangkat yang dapat dihubungkan ke port USB termasuk diantaranya mouse, printer, kamera digital, scanner, dan lainnya.
    Port FireWire serupa dengan port USB dalam hal port ini dapat menghubungkan banyak jenis perangkat yang memerlukan transmisi data yang lebih cepat, seperti kamera video digital dan DVD drive dalam satu konektor.
    Port PS2 berbentuk lingkaran yang berwarna ungu (untuk port keyboard) dan hijau (untuk port mouse)
    Slot VGA
    Slot PCI
    Slot Memory
  • CMOS sebagai System Clock
  • BIOS (Basic Input Output System) untuk mengatur sistem dasar pada peralatan input output agar komputer dapat bekerja secara optimal
  • Adapter Card (LAN Card) untuk mengkoneksikan ke komputer yang lain menggunakan kabel LAN dengan Slot RJ-45.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar